Uang palsu? | Kapitalisme Kasino dan Politik Crapshoot

Artikel yang diterbitkan di Vox ini tidak terlalu berwawasan luas (karena sebagian besar artikel di Vox sebagian besar berisi parrotan politik partisan), tetapi artikel ini menimbulkan banyak pertanyaan untuk direnungkan oleh orang awam. Pertama, semua uang mata uang fiat adalah palsu sampai menjadi nyata, yang berarti sampai Anda menukar mata uang dengan aset nyata, itu hanya bernilai kertas yang dicetaknya. Nilai bukan dalam bentuk uang, tetapi dalam pengembalian positif yang diberikan suatu aset dari waktu ke waktu. Pengembalian itu bisa dalam mata uang, waktu, atau energi tambahan.

Uang Tidak Pernah Merasa Lebih Palsu

Beberapa kutipan:

“Uang terasa dingin dan matematis dan di luar ranah hubungan manusia yang kabur. Bukan itu,” tulisnya. “Uang adalah hal yang dibuat-buat, fiksi bersama. Uang pada dasarnya bersifat sosial, tidak dapat diubah.”

Ya. Sebagaimana disebutkan di atas. Uang sebenarnya adalah waktu yang disimpan. Semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin banyak waktu yang Anda simpan. Tapi itu tidak memperpanjang waktu Anda di bumi, itu hanya memungkinkan Anda untuk menukarnya dengan lebih banyak waktu luang dalam masa hidup yang tidak pasti yang kita semua miliki.

GameStop telah datang untuk melambangkan era investasi meme, di mana investor biasa menumpuk saham dan cryptocurrency dan aset digital bukan karena mereka percaya pada nilai dasar dari barang yang mereka beli (walaupun beberapa percaya) tetapi karena tampaknya hanya seperti hal yang harus dilakukan. Dogecoin atau NFT atau saham di jaringan teater AMC menjadi populer secara online atau di lingkaran sosial mereka, dan mereka berbalik dan berpikir, mengapa tidak?

Ya, sifat psikologis uang kertas berarti psikologi dapat mendorong harga barang dan jasa. Ini terutama benar dengan spekulasi yang didasarkan pada teori nilai yang lebih bodoh.

Nilai pada akhirnya adalah sebuah cerita, yang kita ceritakan kepada diri kita sendiri dan orang lain. Di Amerika Serikat, kami telah meyakinkan diri kami sendiri tentang kisah dolar, yang didukung oleh kekuatan penuh dari pemerintah AS. Tapi itu akhirnya hanya selembar kertas. Cryptocurrency dan NFTs dan AMC semuanya datang dengan cerita mereka sendiri, yang, harus diakui, bisa menjadi sisi kooky.

Ya, itu adalah cerita, tetapi apakah cerita itu benar atau fiksi, itu dibuktikan oleh pengalaman selanjutnya. Nilai adalah fungsi dari aliran positif “barang” yang diinginkan, seperti halnya obligasi yang memberikan pembayaran kupon (yaitu, bunga) setiap kuartal. Jika ikatan itu gagal, maka cerita itu fiksi.

Ada lebih banyak lanskap uang saat ini daripada saham dogecoin dan meme yang membuat semuanya tampak sedikit palsu. Pasar saham melonjak selama sebagian besar tahun 2020 dan 2021, bahkan selama masa pandemi, sehingga sulit untuk tidak bertanya-tanya untuk apa semuanya. Pemerintah federal mampu memberikan banyak uang melalui bantuan moneter dan fiskal untuk menjaga pasar — ​​dan rakyat biasa — tetap bertahan.

Ya, uang yang dicetak oleh The Fed untuk memonetisasi kelebihan pinjaman pemerintah adalah palsu kecuali jika diubah menjadi nilai riil melalui konversi waktu dan energi menjadi barang dan jasa nyata. Membayar orang untuk tidak bekerja adalah mengubah uang menjadi nilai palsu yang akan menguap seiring waktu.

“Jika itu hanya gelembung dot-com, itu menyebalkan bagi orang-orang yang berinvestasi,” kata Hilary Allen, seorang profesor hukum di American University yang berspesialisasi dalam regulasi keuangan. “Tapi kalau itu tahun 2008, maka kita semua kacau, bahkan kita yang tidak berinvestasi, dan itu tidak adil. Itu benar-benar tergantung pada siapa yang terlibat dalam hal ini dan seberapa terintegrasinya dengan sistem keuangan lainnya.”

Nah, Prof Allen tidak cukup mengerti. Pada awal abad ke-20, kehancuran pasar membuat para spekulan dan pemodal bangkrut serta orang kaya yang melihat aset mereka mengalami devaluasi. Itu tidak lagi terjadi karena hampir semua orang memiliki saham dalam aset keuangan melalui pensiun, real estat, dan arus pendapatan mereka. Kita semua “berinvestasi” dan memang benar hari ini bahwa mereka yang paling dirugikan saat ini adalah mereka yang tidak memiliki portofolio aset. The Fed melindungi aset yang kaya hari ini. Itu sebabnya ketika Mr. Market akhirnya mengakhiri permainan ini, tidak akan ada tempat untuk bersembunyi kecuali jauh dari jaringan. Mungkin itu sebabnya para miliarder teknologi ingin menjajah luar angkasa? Semoga berhasil.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Author: Edward Chapman