Fantasi Moneter Modern 2 | Kapitalisme Kasino dan Politik Crapshoot

Mitos Defisit Besar Pemerintah – Pembicaraan TED

Ini cukup cerita. Saya yakin Ms. Kelton mempelajari ekonominya tetapi di sini dengan MMT dia mengambil beberapa kebenaran dasar dan memutar fantasi yang rumit. Pada dasarnya argumennya adalah bahwa utang bukanlah halangan bagi kebijakan ekonomi dan hasil ekonomi. Anda ingin Ferrari? Tidak masalah, The Fed dapat menulis cek dan itu milik Anda, tidak ada pajak, tidak perlu khawatir. Para pendukung akan membenci penyederhanaan ini, tetapi pada dasarnya itulah yang dijual Ms. Kelton. (Anda dapat mengganti perawatan kesehatan gratis, kuliah gratis, apa pun yang Anda inginkan, tetapi saya akan menggunakan Ferrari 365GT.)

MMT adalah ekonomi utopis. Ya, secara teori bisa masuk akal, tapi jangan terlalu jauh ke lubang kelinci itu. Utang pemerintah tidak seperti utang swasta karena tidak pernah harus dibayar kembali, hanya dilayani dan diperpanjang. Jadi hutang dalam $ tidak menjadi masalah, tetapi produktivitas hutang itu sangat penting (rasio hutang terhadap PDB adalah indikator yang baik – terlihat lebih buruk setiap hari).

Dia memuji stimulus pandemi karena itu pada dasarnya adalah eksperimen MMT. Lihat, tidak ada resesi! Tapi resesi diukur dalam istilah moneter (bukan nilai), dan jika Fed terus memompa uang, voila! Tidak ada resesi. Tetapi penciptaan nilai penting dan dalam hal nilai, kita mengalami resesi dan stagflasi yang ekstrem. Berapa banyak usaha kecil yang tutup dalam 2 tahun terakhir? Berapa inflasi harga yang kita alami? 5-9%? Sudahkah Anda mencoba membeli rumah akhir-akhir ini? kenaikan harga 20%. Mencoba untuk mendapatkan tukang ledeng atau tukang listrik?

Ya, ketika pemerintah membelanjakan $28 triliun, uang itu mengalir ke suatu tempat di sektor swasta. Dan ya, kami telah melihatnya digeledah oleh industri perbankan, orang kaya aset yang hanya memanfaatkan utang 3%, dan pasar sekuritas yang menggelembung bahkan ketika produksi telah menurun. Inilah yang mendorong ketidaksetaraan ke ketinggian baru ketika para elit global menyedot kredit murah dari bank sentral ini. Lihat jumlah mega yacht yang mengarungi lautan.

Ya, kami telah melihat fantasi MMT beraksi dan itulah mengapa kami mengalami revolusi politik. Kelton dan segelintir ekonom yang menjual MMT mengasumsikan dunia politik utopis di mana setiap orang selalu melakukan hal yang benar. Pada akhirnya, ketidakjujuran intelektual seperti ini sangat merusak.

Baca bukunya, tidak ada yang akan membahas asumsi yang salah ini. Kredit dan utang adalah alat yang digunakan pasar untuk menahan pemborosan. Tanpa pengekangan itu, partai pada akhirnya akan meledak.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Author: Edward Chapman